FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK (STUDI KASUS MASYARAKAT DI KEL. SUNGAI SALAK KEC. TEMPULING)

Mandataris S.Sos.,M.Si, Pislawati SE.,M.Si

Sari


Abstrak : Kelurahan Sungai salak merupakan Ibukota Kecamatan Tempuling yang  memiliki penduduk dari berbagai suku bangsa yang hidup saling berdampingan. Mata pencaharian masyarakat Sungai Salak dominan adalah petani kelapa, sawit dan pinang. Dilihat dari tingkat pendapatan masyarakat sungai salak ,tidak semua masyarakat memiliki lahan perkebunan yang bisa memberikan penghidupan kepada mereka, tidak jarang masyarakat masih ada yang hanya menumpang atau menggarap kebun orang lain. Dari jumlah penduduk  8.817 boleh dikatakan yang memiliki lahan perkebunan berjumlah kurang lebih 60 % . Dengan kondisi yang demikian tentunya akan mempengaruhi tingkat pendidikan dan perekonomian di daerah tersebut. Dari hari penelitian penulis mendapatkan data dari 100 orang responden memiliki pendapatan sebulan paling banyak responden yang berpenghasilan sebesar Rp.1.000.000,-sampai dengan Rp.2.000.000,-.Sehingga melihat kondisi ini menggambarkan masyarakat kelurahan Sungai Salak kecamatan tempuling memiliki penghasilan tergolong masih rendah. Hal ini pula yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank.Disamping penghasilan yang masih banyak yang rendah faktor ketidak tahuan membuat masyarakat kurang percaya kalau uangnya lebih baik disimpan dibank juga mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di bank.untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya mau menabung di bank peranan pemerintah diperlukan untuk membantu perekonomian di kelurahan sungai salak.peranan pemerintah bisa dalam bentuk mengajak pihak bank bekerja sama untuk lebih gencar mensosialisasikan tentang program-program yang ada dibank atau mungkin sering mengundang masyarakat dalam acara seminar yang berkaitan dengan kegunaan menyimpan uang dibank.

Kata kunci: minat, masyarakat, bank


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Erlina, 2011.Metodologi Penelitian, USU Press, Medan.

Firmayuansyah, Dena. 2012. Minat Masyarakat Menabung di Bank Masih Rendah.http://www.infobanknews.com/2012/05/minat-masyarakat-menabung-di-bank-masihrendah/ (17 Maret 2014).

Juliandi, Azuar, 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu – Ilmu Bisnis, M2000,Medan.

Kasmir, 2003.Manajemen Perbankan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir, 2008.Pemasaran Bank, Kencana, Jakarta.

Kuncoro, Mudardjat, 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta.

Lubis, Irsyad, 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Lain, USU Press, Medan.

Setiadi, Nugroho J, 2003. Perilaku Konsumen, Prenada Media, Jakarta.

Soemitra, Andri, 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Cetakan Kedua, Prenada

Media, Jakarta.

Sudarsono, Heri, 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Ekonesia Kampus FakultasEkonomi UII, Yogyakarta. Sumut, BPS. 2012. Jumlah Penduduk Kota Medan.

Wibowo, Eby, Untung Hendy Widodo, 2005. Mengapa Memilih Bank Syariah ?, GhaliaIndonesia,Bogor.

Winkel, WS, 1993. Psikologi dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.