IKLIM ORGANISASI DAN KINERJA PEGAWAI

Heri Hermanto

Sari


Abstrak : Iklim Organisasi dan Kinerja Pegawai. Keberhasilan organiasi dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan tidak terlepas dari peran serta manusia sebagai anggota organisasi yang memiliki kemampuan dan kesediaan membantu berbagai aktivitas organisasi. Salah satu sumber daya manusia tersebut adalah pimpinan organisasi. Salah satu usaha yang dilakukan pimpinan organisasi adalah dengan cara menciptakan lingkungan kerja atau iklim organisasi yang kondusif. Artinya pimpinan harus mampu menciptakan iklim organisasi yang baik dan sehat, supaya pegawai dapat bekerja dengan optimal dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan kinerja. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai pada DPMPTSP Kota Pekanbaru.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantiatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai pada DPMPTSP Kota Pekanbaru dengan menggunakan Teknik Sensus. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh dari variabel independen (iklim organisasi) yaitu 32,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian iklim organisasi berpengaruh secara positif signifikansi terhadap kinerja pegawai pada DPMPTSP Kota Pekanbaru, artinya semakin meningkat atau baik iklim organisasi maka kinerja pegawai akan meningkat.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Kinerja Pegawai

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR RUJUKAN

Chistine Chely Karundeng. 2013.Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado. Jurnal Psikologi1 (1) : 1-15.

Harbani, Pasolong. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Kiki Cahaya Setiawan. 2015. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasional PT. Pusri Palembang. Jurnal Psikologi Islam. 1 (1) : 23-32.

Ridwan Tantowi, Hesti Widia Astuti. 2016. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Danamon Simpan Pinjam Unit Metro.Jurnal Bisnis Darmajaya. 2 (2) : 134-145.

Safran Efendi Pasaribu. 2013.Pegaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Biro Rektor Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Jurnal Administrasi Publik. 2 (2) :177-195).

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi (Teori Aplikasi dan Penelitian).Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.