Pengaruh Pelayanan Terhadap Efektivitas Organisasi Pada Kantor Camat Rumabi Kota Pekanbaru

Heri Hermanto

Sari


Abstrak : Pengaruh pelayanan terhadap Efektivitas Organisasi Pada Kantor Camat Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan terhadap efektivitas organisasi pada Kantor Camat Rumbai. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kuantiatif. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik statistik yaitu statistik deskripitif digunakan untuk tabel frekuensi, persentase, skor dan rata-rata. Sedangkan untuk statistik inferensial digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai pada Kantor Camat Rumbai Kota Pekanbaru. Populasi penelitian yaitu seluruh pegawai dijadikan sampel, dengan Teknik Sensus yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel bebas (pelayanan) terhadap variabel terikat (efektivitas organisasi). Besar persentase pengaruh pelayanan terhadap efektivitas oganisasi pada Kantor Camat Rumbai sebesar 58,7%. Sedangkan sisanya sebesar 41,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti pengawasan, kinerja pegawai, keterampilan, pendidikan dan pelatihan.

 

Kata Kunci : Pelayanan, Efektvitas Organisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boediono, B. 2013 . Pelayanan prima Perpajakan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Danang Sunyoto, Burhanudin. 2015.

Perilaku Organisasional. CAPS, Yogyakatra.

Harbani Pasolong. 2013. Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.

Hugi Lokon. 2012. Pengaruh Efisiensi Pelayanan Publik Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kelurahan (Survei di Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Program Ilmu Pemerintah Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintah Abdi Negara. Jakarta.

Nurmalia Nafiyanti. 2004. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Efektivitas Organisasi pada Dinas Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Studi pada Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Program Sarjana Departemen Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia.

Sondang P Siagian. 2011. Filsafat Administrasi Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.